21 Oktober 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Cegah Penyakit Jantung, Neni Imbau Masyarakat Hidup Sehat


Cegah Penyakit Jantung, Neni Imbau Masyarakat Hidup Sehat
Wali Kota Bontang, Neni Moerniaeni, membuka semiar yang digelar Dinas kesehatan (Dinkes) Bontang tentang Cegah Penyakit Jantung Dengan Gaya Hidup Sehat yang dilaksanakan di auditorium 3 dimensi, jalan Awang Long

KLIKBONTANG -- Dinas kesehatan (Dinkes) Bontang menggelar Seminar Cegah Penyakit Jantung Dengan Gaya Hidup Sehat  yang dilaksanakan di auditorium 3 dimensi, jalan Awang Long, Kelurahan Bontang Baru,  Bontang Utara, selasa (18/9/2019) pagi .
 
Kegiatan tersebut diikuti 250 peserta. Mereka terdiri dari Kader Posyandu, Kader Lansia,  Pospindu, Pokja Sehat, serta unsur dari kelurahan dan kecamatan se bontang.
 
Kepala Dinkes Bahauddin mengatakan tujuan dari kegiatan tersebut untuk mengedukasi masyarakat terkait antisipasi dan bahayanya penyakit jantung. Dia mengatakan meningkatnya jumlah penyakit jantung di kalimantan timur, termasuk di Bontang menjadi perhatian khusus bagi Dinkes Bontang.
 
Penyakit jantung yang datang baik dengan gejala maupun tanpa gejala membuat masyarakat perlu untuk mengetahui cara deteksi dini penyakit jantung.
 
"Dengan mengetahui gejala awal penyakit jantung, penderita maupun keluarga dapat secepat mungkin meminta pertolongan ke rumah sakit dan menghindari resiko kematian karena penyakit jantung," kata Bahaudin.
 
Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni yang menghadiri kegiatan tersebut sangat mengapresiasi Dinas Kesehatan Bontang karena melaksanakan seminar Cegah Penyakit Jantung.
 
Dalam sambutannya Neni Moerniaeni menjelaskan, jika sumbatan terjadi pada pembuluh darah yang membuat otot jantung berdarah, tentu akan membuat otot jantung yang terkena sumbatan tersebut berisiko mengalami kematian jaringan otot.
 
"Serangan jantung terjadi melalui proses panjang, karena itu harus dikenali beberapa faktor risiko dari penyakit jantung, antara lain, obesitas, merokok, hipertensi, riwayat keluarga dengan sakit jantung, kurang olahraga, stres, dan lainnya," kata Neni.
 
Neni juga berpesan, cegah penyakit jantung dengan mengurangi faktor risiko yaitu kontrol berat badan, kontrol tekanan darah, kontrol kadar gula darah jika menderita diabetes, kontrol kadar kolesterol, kurangi makanan yang berlemak, banyak makan buah dan sayur-sayuran.
 
"Yang utama stop rokok dan alkohol, serta tentunya olahraga teratur. Selain itu, jangan lupa periksa kesehatan rutin," kata Neni.
 
Setelah acara pembukaan selesai, kegiatan pun dilanjutkan dengan menyampaikan materi dari Dokter Spesialis Jantung, Suhardi, dari RSUD Taman Husada.
Reporter : Safril D    Editor : Liah Mulyono



Comments

comments


Komentar: 0