17 Agustus 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Waduh.. 1.400 Guru Berijazah Palsu Mundur


Waduh.. 1.400 Guru Berijazah Palsu Mundur
ilustrasi (usaid)


KLIKBONTANGTak tanggung-tanggung, 1.400 guru sekolah dasar di wilayah timur India mengundurkan diri dalam beberapa bulan terakhir. Dugaannya, mereka takut diseret ke pengadilan di tengah penyelidikan kualifikasi dan ijazah palsu para guru yang saat ini dilakukan.

Diperkirakan, barisan guru yang mengundurkan diri bakal meningkat sebelum akhir dari masa amnesti atau 'pengampunan'. Guru yang merasa menggunakan ijazah palsu diperkenankan untuk mundur selama masa pengampunan tersebut, sebelum ketahuan berijazah palsu dan diadili secara hukum.

"Pengunduran diri 1.400 guru tersebut dilakukan sebelum pengadilan meminta masa amnesti, " ujar Sekretaris Departemen Pendidikan Negara Bagian Bihar, RK Mahajan, kepada AFP.

Dengan masa amnesti yang berakhir pada 9 Juli mendatang, pejabat pemerintah masih dalam penyelidikan CV puluhan ribu guru di negara tersebut.

"Kami akan mengetahui jumlah akhir guru yang mengambil keuntungan dari penangguhan hukuman setelah masa amnesti berakhir," kata Mahajan menambahkan.

Penyelidikan ini digelar untuk melakukan verifikasi terhadap semua guru yang direkrut sejak 2006, menyusul penerimaan massal yang dilakukan pemerintah pusat kala itu.

Hingga pada Mei lalu, penyelidikan dilakukan pada 350.000 guru SD oleh Pengadilan Tinggi Negara Bagian Bihar, India, dan menduga ada 25.000 di antaranya yang telah mengajar tanpa kualifikasi yang memadai.

Isu ini menjadi pembicaraan setelah bulan lalu, Menteri Hukum New Delhi Jitendra Singh Tomar yang ditahan karena membohongi publik terkait gelar akademisnya. (AFP)

Reporter : Ocha    Editor : Qadlie Fachruddin



Comments

comments


Komentar: 0