20 November 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

BCC Tahun Ini Usung Tema Amazing Khatulistiwa: Bontang Jago Merajut Budaya Nusantara


BCC Tahun Ini Usung Tema Amazing Khatulistiwa: Bontang Jago Merajut Budaya Nusantara
Salah satu defile Bontang City Carnival (BCC) Bontang pada 2015 lalu (Foto : DOK.KLIKBONTANG)

KLIKBONTANG -- Meski Bontang City Carnival (BCC) tahun ini sempat dikabarkan absen, namun ternyata festival budaya ini dipastikan terlaksana, tepatnya pada 26 Oktober 2019 mendatang. Festival ini masuk dalam rangkaian perayaan HUT Kota Bontang Ke-20.
 
Kepala Dinas (Kadis) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bontang, Akhmad Suharto menjelaskan, BCC tahun ini mengusung tema "Amazing Khatulistiwa: Bontang Jago Merajut Budaya Nusantara."
 
Tema itu diusung lantaran Pemkot ingin mengelaborasi dan menunjukkan keragaman budaya--dalam hal ini suku--yang sudah menjadi entitas Bontang. Melalui elaborasi tema itu, pesan ingin disampaikan ialah Bontang sebagai kota multikultur, berwarna, namun senantiasa hidup dalam harmoni.
 
Sebabnya, dalam BCC nantinya peserta yang berasal dari paguyuban se-Bontang, OPD di lingkungan Pemkot Bontang, perusahaan, perwakilan sekolah, kelurahan, dan kecamatan, diperkenankan bahkan ditantang menunjukkan kreativitasnya.
 
Sejauh ini persiapan masih 20 persen, lantaran persiapan cukup mendadak lantaran BCC nyaris tak dihelat tahun ini. Akibat keterbatasan dana. Kendati demikian, Akhmad Suharto tuturkan bahwa panitia akan bekerja ektra, dan memastikan segalanya berjalan sesuai rencana.
 
"Kami akan bekerja ekstra agar BCC tahun ini tetap semarak, bahkan lebih dari tahun sebelumnya," tegasnya, Selasa (8/10/2019) pagi.
 
Ditambahkan, karena Pemkot Bontang cukup gencar mempromosikan pengendalian sampah plastik, maka momentum BCC juga akan dimanfaatkan untuk sebarluaskan semangat itu.
 
"Nanti juga kami imbau agar pengunjung bisa belajar untuk mengurangi sampah plastik," pungkasnya.
 
Sebagai informasi, BCC pertama kali dihelat 2012 silam. Digelar tiap Oktober, bertepatan dengan HUT Bontang. Pada dasarnya, BCC merupakan "ajang" untuk menunjukkan kepada publik luas bahwasanya Bontang adalah kota yang heterogen, beragam. Yang mana, keragaman itu menjadi satu aset; kekayaan yang dimiliki kota ini.
Reporter : Fitri Wahyuningsih    Editor : Liah Mulyono



Comments

comments


Komentar: 0