21 Oktober 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Dinkes Bontang Gelar Pertemuan TGC Untuk Perkuat Koordinasi


Dinkes Bontang Gelar Pertemuan TGC Untuk Perkuat Koordinasi
Kasi Surveilans, Imunisasi, Wabah, dan Bencana Dinkes Bontang, Adi Permana membawakan materi dalam koordinasi TGC Bontang

KLIKBONTANG -- Tentu tak ada yang menginginkan bencana terjadi. Namun tindakan antisipasi perlu diambil, mengingat tidak ada yang dapat menaksir kapan, di mana, dan seberapa besar intensitas bencana terjadi.
 
Khusus untuk Bontang. Beberapa waktu lalu kota ini dilanda banjir besar. Menurut catatan, musibah banjir tersebut yang terbesar selama kota ini berdiri. Akibatnya, kota menjadi lumpuh. Lantaran ribuan warga menjadi korban.
 
Berkaca dari bencana lalu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Bontang berupaya memperkuat koordinasi antar sektor. Guna menanggulangi korban, dalam hal medis, kalau-kalau bencana besar seperti itu kembali terulang.
 
Atas dasar ini, Dinkes Bontang kemudian menggelar pertemuan untuk memperkuat koordinasi Tim Gerak Cepat (TG).
 
Kasi Surveilans, Imunisasi, Wabah, dan Bencana Dinkes Bontang, Adi Permana menuturkan bila koordinasi ini sejatinya merupakan agenda tahunan. Hanya saja karena beberapa waktu lalu Bontang dilanda banjir besar, maka pihaknya semakin menguatkan koordinasi.
 
"Sebenarnya ini agenda tahunan. Untuk mengecek kesiap siagaan kelengkapan dan sumber daya di masing-masing tim," ujar Adi Permana usai kegiatan.
 
Perlakuan ini ketika terjadi bencana, tidak hanya Dinkes saja yang turun. Namun, juga sektor lain, dalam hal ini rumah sakit, juga ikut menerjunkan timnya.
 
Dari kegiatan ini diharapkan, kerja sama lintas sektor dalam menangani korban (Dalam hal medis) semakin kuat dan tidak ada tumpang tindih tugas.
Reporter : Fitri Wahyuningsih    Editor : Liah Mulyono



Comments

comments


Komentar: 0