17 November 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Ada Walkie Talkie Penyelamat Dibalik Musibah Kebakaran di Tanjung Laut Indah Rabu Malam Kemarin


Ada Walkie Talkie Penyelamat Dibalik Musibah Kebakaran di Tanjung Laut Indah Rabu Malam Kemarin
Walkie talkie yang dipegang 33 anggota FKPM Tanjung Laut Indah membantu dalam proses informsi terjadinya situasi darurat di lingkungan sekitar

KLIKBONTANG.com -- Bayu Riyanto (selanjutnya Bayu) baru saja menunaikan ibadah salat Magrib di salah satu musalah yang tak jauh dari rumahnya, Rabu (5/11/2019) sekira pukul 18.20 Wita.
 
Dari musala, ia beranjak ke rumah. Kala nyaris tiba di ambang teras rumah, Bayu tersentak. Di gang sebelah, kobaran api menyala di rumah seorang tetangganya, Syahruddin (72). Asap pekat pun sudah memenuhi udara.
 
Dalam kekalutan Bayu berlari ke rumah. Meraih walkie talkie dan menghubungi siapapun berada dalam frekuensi. "Kebakaran, cepat hubungi pemadam. Cepat!" ujarnya kepada siapapun diujung frekensi sana.
 
Dengan tergopoh Bayu lari ke rumah Syahruddin. Ia ingin memastikan sembilan nyawa yang menempati rumah itu dalam kondisi aman.
 
Tindakan Bayu benar. Ternyata penghuni rumah sempat terperangkap dalam rumah yang perlahan mulai gerogoti api itu. Maka dengan cepat, Bayu dibantu warga sekitar, mengevakuasi penghuni rumah.
 
Syukurnya, sekitar 20 menit usai Bayu ''berteriak" melalui walkie talkie, satu unit mobil pemadam tiba di lokasi kejadian. Bila pemadam tak datang lebih cepat, Bayu memprediksi api makin gila dan merembet ke rumah warga. Sebab konstruksi rumah Syahruddin yang didominasi kayu, dengan mudahnya digilas api. Dan, area TPK adalah kawasan padat penduduk.
 
Dikatakan Bayu, walkie talkie itu cukup  berperan mencegah musibah kebakaran meluas.
 
Keberadaan alat itu membantu arus komunikasi lebih mudah dan cepat. Sebab walkie talkie yang digenggamnya, berada dalam satu frekuensi dengan pusat keamanan lain di Tanjung Laut Indah. Diantaranya Bhabinkamtibnas (Polri), Babinsa (TNI), dan Kelurahan (Tanjung Laut Indah).
 
"Membantu sekali Mbak. Kalau ndak ada ini mungkin pemadam tidak datang lebih cepat," jelasnya usai api berhasil ditaklukkan pemadam.
 
Adapun walkie talkie dipegang Bayu, dan 32 lainnya, memang diperuntukkan bagi anggota FKPM Tanjung Laut Indah. Dengan total 33 RT, maka walkie talkie yang ada pun berjumlah 33 unit. Alat ini gunakan untuk memantau kondisi terkini kemanan setempat. Dan untuk bertukar informasi soal kegiatan warga sekitar.
 
Pengadaan 33 unit alat komunikasi nirkabel itu berasal dari dana Produta, yang nilainya mencapai Rp 5 juta. Saat itu Bayu, yang juga Ketua FKPM Tanjung Laut Indah mengajukan pengadaan walkie talkie untuk memudahkan komunikasi.
 
"Dan alhamdulliah, alat ini uda kita pegang sejak 10 hari lalu. Dan sekarang memudahkan ketika terjadi sesuatu. Seperti kebakaran ini," bebernya.
Reporter : Fitri Wahyuningsih    Editor : Liah Mulyono



Comments

comments


Komentar: 1

  • kelly magdalena

    QQHarian,net merupakan situs betting online yang aman dan terpercaya. Menyediakan Promo Bonus yang Wow dan tidak pernah anda jumpai di tempat lain,
    sudah bosan dgn Bonus Freebet ? Kami sediakan bonus terbaru kita yaitu BONUS++ TAMBAHAN LANGSUNG 5% SETIAP KALI DEPOSIT BERKELIPATAN 100K.
    apakah masih bisa ambil bonus yang lain ? masih bisa ambil bonus yang lain guys seperti ambil BONUS WELCOME CASHBACK 100% bisa di gabung dgn BONUS++ TAMBAHAN LANGSUNG 5%.
    Buruan bergabung dan Buktikan sekarang juga serta Menangkan JackPot 100%. Cukup 1 user id saja anda bisa banyak bermain game. Minimal DP/WD hanya 20k/50k saja.
    Proses pencairan dana cukup dengan waktu max3 menit hingga ratusan juta rupiah. Anda Menang, Kami Bayar. Anda Kalah, Kami Ganti.!!!
    Untuk info lebih lanjut bisa hub cs kami di livechat/Wa : +63 9954825268 | Line : qqharian | Refferal Code : 8FE83FDE

    kelly magdalena   07 November 2019 - 12:59:11 WIB

AwalKembali 1 LanjutAkhir
Untuk mengirim komentar, silahkan login atau registrasi terlebih dahulu !