17 November 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Peringati Hari Anak Universal, SD 002 Bontang Selatan Gelar Belajar di Luar Kelas, Ada Teater Banjir


Peringati Hari Anak Universal, SD 002 Bontang Selatan Gelar Belajar di Luar Kelas, Ada Teater Banjir

KLIKBONTANG.com -- Sebanyak delapan  murid sekolah dasar (SD) berkumpul di sekitar gang rumah. Mereka hendak bermain petak umpet. Sembari menyiapkan segala aturan, beberapa diantaranya membuka bungkus makanan ringan, menghabiskan isinya. Selang beberapa menit usai isinya tandas, sampah dibuang begitu saja di selokan.

Seorang anak menegur "kok sampahnya dibuang sembarangan?" dengan nada sedikit tinggi. "Kalau Kamu begitu terus, nanti parit mampet. Kalau mampet, nanti Bontang bisa kebanjiran," tambah si anak.
 
Petak umpet akhirnya digelar. Selama permainan berlangsung, terjadi perubahan cuaca. Langit Bontang yang tadi demikian cerah, seketika berubah pekat, lantas memuntahkan hujan amat deras. Semua berlangsung dalam tempo singkat. Walhasil, anak-anak mangambur, balik kanan, mencari tempat teduh.
 
Jutaan rintik hujan jatuh. Air memenuhi selokan. Sampah makanan yang tadi dibuang sembarang, malah menguap ke permukaan [jalan gang]. "Banjir, banjir!" teriak seorang ibu dari ujung gang.
 
Sejam, dua jam, air sudah tinggi saja. Memenuhi tiap ruas di gang sempit ini. Ah, banjir, Bontang kebanjiran. Semua orang kalang kabut menyelamatkan harta benda. Alat elektronik diletakkan di tempat tinggi. Nyawa, nyawa pun mesti selamat. Ada warga manjat pohon. Ada di atap rumah. Di mana saja, yang aman dari luapan banjir. Suasana begitu mencekam. Orang-orang ketakutan ikut terbawa arus air.
 
Demikian sedikit gambaran teater banjir Bontang yang dilakoni murid-murid SD Negeri 002 Bontang Selatan, Kamis (7/11/2019) pagi. Teater sederhana ini merupakan satu rangkaian kegiatan dalam program "Sehari Belajar di Luar Kelas."
 
Adapun kegiatan ini digelar Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB) Bontang menindaklanjuti instruksi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen-Ppa) Republik ndonesia. Dalam rangka merayakan Hari Anak Universal atau Universal Children's Day yang diperingati setiap 20 November.
 
Kepala KlikBontang, Kepsek SDN 002 Bontang Selatan, Mantena Samosir menuturkan, ada 17 item kegiatan dalam Sehari Belajar di Luar Kelas.
 
Yakni menyambut peserta didik dengan 3S (Senyum, Salam, Sapa), menyanyikan Indonesia Raya 3 stanza, cuci tangan dan berdoa sebelum makan, dan sarapan 4 sehat 5 sempurna.
 
Selanjutnya membersihkan lingkungan sekolah dari barang-barang yang membahayakan. Kegiatan ini dilakukan oleh seluruh staf pendidik, dan murid-murid SDN 002 BS.
 
Serta mematikan peralatan listrik dan air yang tak terpakai, literasi, simulasi evakuasi bencana, senam germas, dan permainan tradisional.
 
"Nah, teater tadi itu bagian dari simulasi evakuasi bencana," beber Mantalena Samosir.
 
Adapun kegiatan ini bertujuan menumbubkan karakter anak untuk cinta dan peduli lingkungan sekitar [Sekolah], membangun keintiman hubungan antara guru dan murid, melalui permainan dan kegiatan yang menyenangkan.
 
Rangkaian kegiatan ditutup dengan menyanyikan lagu Maju tak Gentar.
 
Seluruh kegiatan 'Sehari Belajar di Luar Kelas' SDN 002 BS  berjalan lancar dan sukses. Ratusan murid sangat antusias mengikuti setiap kegiatan.
 
Namun dari sekian kegiatan dalam 'Sehari Belajar di Luar Kelas', memainkan permainan tradisional yang paling menarik minat murid-murid.
 
Seperti diutarakan Farel Hernandez Hutabarat. Siswa kelas 3 ini menuturkan, dirinya sangat senang dengan kegiatan sehari belajar di luar. Sebab, ia bisa lebih bebas berbincang dengan kawan-kawannya, sembari bermain tanpa harus diburu jam pelajaran.
 
"Senang aja sih, kak. Main begini. Kalau di kelas kadang capek juga," ujar Farel dengan sedikit malu-malu.
Reporter : Fitri Wahyuningsih    Editor : Liah Mulyono



Comments

comments


Komentar: 1

  • kelly magdalena


    QQHarian,net merupakan situs betting online yang aman dan terpercaya. Menyediakan Promo Bonus yang Wow dan tidak pernah anda jumpai di tempat lain,
    sudah bosan dgn Bonus Freebet ? Kami sediakan bonus terbaru kita yaitu BONUS++ TAMBAHAN LANGSUNG 5% SETIAP KALI DEPOSIT BERKELIPATAN 100K.
    apakah masih bisa ambil bonus yang lain ? masih bisa ambil bonus yang lain guys seperti ambil BONUS WELCOME CASHBACK 100% bisa di gabung dgn BONUS++ TAMBAHAN LANGSUNG 5%.
    Buruan bergabung dan Buktikan sekarang juga serta Menangkan JackPot 100%. Cukup 1 user id saja anda bisa banyak bermain game. Minimal DP/WD hanya 20k/50k saja.
    Proses pencairan dana cukup dengan waktu max3 menit hingga ratusan juta rupiah. Anda Menang, Kami Bayar. Anda Kalah, Kami Ganti.!!!
    Untuk info lebih lanjut bisa hub cs kami di livechat/Wa : +63 9954825268 | Line : qqharian | Refferal Code : 8FE83FDE

    kelly magdalena   08 November 2019 - 12:20:15 WIB

AwalKembali 1 LanjutAkhir
Untuk mengirim komentar, silahkan login atau registrasi terlebih dahulu !