10 Desember 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Merayakan Percakapan dengan Segelas Canning Ice di Sengkang Kopi Bontang


Merayakan Percakapan dengan Segelas Canning Ice di Sengkang Kopi Bontang
Seorang pengunjung menikmati Canning Ice di Sengkang Kopi

KLIKBONTANG.com -- Terjadi lagi malaikatku, terlambat datang. Kebanyakan dandan, wajahnya mustahil telanjang.
 
Demikian lirik lagu Variasi Pink milik musisi eksentrik, Jason Ranti, sayup-sayup terdengar kala repoter KlikBontang menyambangi Sengkang Kopi. Sebuah kedai kopi mini terletak di Jalan Slamet Riyadi, Kelurahan Lok Tuan, Kecamatan Bontang Utara.
 
Kala itu, sekira 20 menit lagi waktu menunjukkan pukul 18.00 Wita. Posisi kedai yang berada tepat di pinggir jalan, membuat kehidupan jalanan, dan segenap kisah yang melingkupinya begitu nyata ditangkap indra.
 
Suara lalu lalang kendaraan: klakson, atau bising knalpot custom membuat telinga sedikit bergetar kala mendengarnya.
 
Bus-bus yang menurunkan karyawan tepat depan kedai. Satu dua pejalan kaki  berjalan tergesa lantaran hari kian redup, sementara lantunan azan maghrib yang bersahutan mulai mengisi udara.
 
Kedai kopi ini begitu bersahaja, tak ada pendingin udara (AC). Tak ada furniture
mewah ala Coffee Shop. Yang ada hanya berupa kursi-kursi plastik yang kerap dijumpai di warung makan biasa. Pun dua meja bulat hasil daur ulang drum seng bekas. Dan, kedai ini tak ramah-ramah amat bagi instagram. Sebab tak banyak spot instagrammable, selain lukisan mafia memegang cangkir kopi tepat di muka kedai. Atau bungkus-bungkus kopi yang menempel di dinding kedai. Bersahaja sekali!
 
Puas memperhatikan interior kedai, reporter KlikBontang memesan kopi. Barista yang berdiri di balik coffee bar menyambut dengan senyum hangat, dan menyapa dengan ramah. Menayakan pengunjung, apa hendak dipesan. Ketika itu reporter KlikBontang memesan kopi andalan Sengkang Kopi, yakni Es Kopi Canning.
 
Sembari menunggu Es Kopi Canning dibuat, percakapan soal perkembangan bisnis kopi antara barista dan konsumen terjadi. Konsumen dengan pengetahuan kopi yang nyaris nihil terus bertanya. Sementara barista dengan ramah menjawab pertanyaan konsumen, serta tak pelit berbagai pengetahuan. Percakapan mengalir saja. Lantaran tak ada sekat antara coffee bar dan tempat konsumen duduk.
 
Sekira lima menit kemudian, es kopi canning sudah bisa dinikmati. Tak ada makanan berat sebagai pendamping. Hanya camilan ringan kacang goreng dan emping goreng bungkusan.
 
Tak salah memang bila canning cukup populer dikalangan konsumen Sengkang Kopi. Minuman berbahan dasar esspresso, gula aren, dan susu UHT ini terasa begitu gurih di lidah. Menurut sang barista, sekaligus pemilik Sengkang Kopi, Ahmad Syafii, citarasa gurih berasal dari biji kopi yang digiling bersama kelapa menggunakan tembikar. Dari sanalah "khasnya" canning berasal.
 
Tak perlu menguras dompet tebal untuk menebus es kopi canning. Bermodalkan Rp 15 ribu, minuman ini sudah bisa dinikmati.
 
Sejatinya harga minuman, baik kopi dan non kopi di Sengkang Kopi relatif terjangkau. Ada di angka Rp 10 ribu hingga Rp 17 ribu.
 
Percakapan bersama barista terus berlangsung. Tak terasa canning es tandas. Gelas kedua dibuat. Hadir di meja selang beberapa menit kemudian. Disesap perlahan, sembari kembali membicarakan apapun. Utamanya soal kopi dan upaya mengembangkan bisnis kopi di Kota Taman.
 
Tak terasa waktu menunjukkan pukul 19.45. Nyaris dua jam bercengkrama. Hanya ditemani kopi dan kacang.
 
Sengkang Kopi mungkin jauh dari kemegahan ala Café. Namun percakapan yang dirayakan di kedai ini merupakan suatu kemewahan. Ngopiki, cika! Begitu branding Sengkang Kopi.
Reporter : Fitri Wahyuningsih    Editor : Liah Mulyono



Comments

comments


Komentar: 1

  • kelly magdalena

    Dapatkan BONUS++ TAMBAHAN LANGSUNG 5% SETIAP KALI DEPOSIT BERKELIPATAN 100K hanya di (QQHarian,info) sekarang juga guys. . .🥳🥳😘
    Untuk info lebih lanjut bisa hub cs kami di livechat/Wa : +639954825268 | Line : qqharian | Refferal Code : 8FE83FDE :)

    kelly magdalena   17 November 2019 - 05:25:33 WIB

AwalKembali 1 LanjutAkhir
Untuk mengirim komentar, silahkan login atau registrasi terlebih dahulu !