19 Januari 2020

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Komisi II DPRD Bontang Gelar Rapat Dengan Dispopar Bontang, Ini yang Dibahas


Komisi II DPRD Bontang Gelar Rapat Dengan Dispopar Bontang, Ini yang Dibahas
Rapat antara Komisi II DPRD Bontang dan Dispopar Bontang. (Foto: Fitri Wn /KlikBontang).

KLIKBONTANG.com -- Komisi II DPRD Bontang menggelar rapat bersama Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Dispopar) Bontang di sekretariat DRPD Bontang. Jalam Moh Roem, Kelurahan Bontang Lestari, Kecamatan Bontang Selatan, Selasa (14/1/2020) pagi.

Rapat dipimpin Ketua Komisi II DPRD Bontang, Rustam. Diikuti anggotanya Sumaryono, Ridwan, dan Sumarno. Sementara dari Dispopar Bontang dihadiri Kadis Bambang Cipto Mulyono, beserta sejumlah staf.

Dalam kesempatan itu, Komisi II DPRD Bontang meminta penjelasan Dispopar Bontang perihal teknis penerimaan dana hibah untuk KONI, dan bagaimana penggunaannya. Selain itu, dewan juga menanyakan program kepemudaan yang telah dijalankan. Pertanyaan terakhir perihal pengembangan pariwisata di Kota Taman.

Menanggapi itu, Kadis Dispopar Bontang, Bambang Cipto Mulyono menjelaskan bahwa usai perubahan Perwali tentang dana hibah, KONI Bontang kini bisa menerima hibah maksimal Rp 7 miliar, dari sebelumnya hanya Rp 5 miliar per tahun.

Adapun untuk mendaptkan itu, KONI mengajukan proposal dana hibah melalui bagian sosial Pemkot Bontang. Yang kemudian diterukan ke OPD terkait, dalam hal ini Dispopar Bontang, untul melakukan verifikasi terhadap proposal dana yang diajukan Koni Bontang.

"KONI yang mengajukan dana hibahnya, kami yang melakukan verifikasi," ujar Bambang Cipto disela-sela rapat.

Ketika dana dicarikan, Dispopar Bontang tak punya otoritas mengatur penggunaannya, semua diatur KONI. Dengan rincian, 15 persen dari dana hibah dapat digunakan untuk operasional Koni, sementara sisanya diberikan kepada 53 cabang olahraga (Cabor) di Bontang untuk pengembangan atlit.

"Untuk pos pendanaan untuk tiap cabor, itu bukan tugas kami, tapi KONI. Namun semua cabor dibawah naungan kami," bebernya.

Kemudain soal program pengembangan kepemudaan. Dikatakan Bambang banyak yang pihaknya lakukan. Diantaranya pramuka, pembinaan kewirausahaan pemuda, pemuda sukarelawan, paskibraka, dan mengirim sejumlah pemuda Bontang mengikuti pertukaran pemuda nasional dan internasional.

Sementara untuk perkembangan dan pengembangan pariwisata di Bontang. Dikatakan Bambang Cipto bahwa secara angka, jumlah pelancong yang menyambangi Bontang terus mengalami pertumbuhan, khususnya dalam 3 tahun terakhir. Destinasi wisata favorit wisatawan umumnya wisata bahari Bontang. Semisal wisata Mangrove, Pulau Beras Basah, dan wisata Bontang Kuala.

Untuk pengembangan wisata Bontang, Bambang meyebut pihaknya telah menyusun semacam road map. Agar kedepan pengembangan pariwisata Bontang jelas dan terarah.

Reporter : Fitri Wahyuningsih    Editor : Liah Mulyono



Comments

comments


Komentar: 0