23 Februari 2020

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Usai Direnovasi, Lurah Berharap Warga Nyaman Datang ke Kantor Kelurahan


Usai Direnovasi, Lurah Berharap Warga Nyaman Datang ke Kantor Kelurahan
Kondisi kantor Kelurahan Lok Tuan usai alami renovasi. (FOTO: Fitri Wn/KlikBontang).

KLIKBONTANG.com -- Usai mengalami renovasi selama dua bulan, kini kantor Kelurahan Lok Tuan, Kecamatan Bontang Utara miliki wajah yang lebih fresh.

Seremoni sederhana merayakan renovasi kantor baru ini dilaksanakan, Rabu (13/2/2020) kemarin. Dihadiri langsung Wali Kota Bontang, Neni Moerniaeni, berikut sejumlah anggota DPRD Bontang.

Dijelaskan Lurah Lok Tuan, M Takwin, renovasi kantor menghabiskan anggaran sekira Rp 400 juta. Lantaran perombakan nyaris total dilakukan. Selain itu, anggaran itu juga digunakan untuk menempatkan CCTV di 3 titik di Lok Tuan. Yakni di simpang 3 naik ke pasar Citra Mas, Simpang 3 Jalan RE Martadinata, dan di simpang pelabuhan.

"Anggaran itu melingkupi semua kebutuhan renovasi dan CCTV," beber M Takwin kala disambangi KlikBontang di kantornya, Kamis (13/2/2020) pagi.

Dari pantauan KlikBontang, "wajah baru" kantor Kelurahan Lok Tuan memang terlihat lebih segar. Perubahan paling signifikan terlihat di bagian pendopo. Sebelumnya tempat ini terkesan amat kaku, lantaran masih mengikuti design lama bangunan. Selain itu, di bagian langit-langitnya juga banyak mengalami kebocoran.

Usai direnovasi, bagian lantai dirombak  total. Kini pendopo menggunakan ubin porselen putih dengan sedikit gradasi abu-abu. Itu membuat pendopo terlihat lebih bersih. Beda dengan sebelumnya yang menggunakan keramik semen.

Selain itu, di langit-langit dan pilar-pilar pendopo juga alami perubahan. Yang dulunya polos, kini kedua bagian itu mendapat sedikit sentuhan artistik dari pola-pola yang membentuk.

Cat putih mendominasi nyaris di seantero pendopo. Ini membawa nuansa segar dan luas. Amat kontras dengan kondisi pendopo dahulu yang terlihat muram karena didominasi warna gelap: coklat dan abu-abu pekat.

Memasuki kantor lurah, nuansa lega dan segar juga masih terasa. Karena warna putih cerah amat mendominasi.

Di bagian konter pelayanan, nuansa serupa pendopo, segar dan luas juga terasa. Cat putih masih mendominasi. Sekat pemisah antara staf dan masyarakat di konter pelayanan dicopot. Walhasil keduanya bisa interaksi lebih baik.

Sementara di ruangan Lurah, juga alami perubahan. Kini dua warna cerah mendominasi: coklat muda dan hijau. Dikatakan Lurah Takwin, dulunya ruang kerjanya amat sesak oleh jejalan rak-rak besar berisi tumpukan dokumen yang sudah lapuk. Semua itu mengambil ruang, dan berimplikasi pada kurang nyamannya pengunjung dan penghuni ruang itu.

"Sekarang uda dibubah. Semoga masyarakat yang datang tidak merasa sesak. Juga saya bisa bekerja lebih baik," ujarnya.

Dikatakan Lurah Takwin, seluruh design interior dan eksterior terbaru kantor ialah hasil amatan pihaknya. Dengan mempertimbangkan sejumlah hal, diantaranya estitka dan kenyamanan staf, terutama publik.

"Kami memang cukup detail untuk hal-hal seperti ini," terang Lurah Takwin.

Lurah Takwin berharap, dengan wajah baru kantor Kelurahan Lok Tuan, segenap staf bisa bekerja lebih nyaman dan semangat. Juntrungnya, tentu saja, optimalisasi pelayanan publik.

"Kita belum bisa punya kantor baru. Tapi untuk itu masih diusahakan. Cuma kami pikir, perombakan kantor diperlukan. Agar lebih representatif, dan masyarakat nyaman ketika ke sini," pungkasnya.

Reporter : Fitri Wahyuningsih    Editor : Liah Mulyono



Comments

comments


Komentar: 0