23 Februari 2020

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berkunjung ke Bontang, Kapolda Kaltim Ajak Perangi Hoax


Berkunjung ke Bontang, Kapolda Kaltim Ajak Perangi Hoax
Kapolda Kaltim, Irjen Pol Muktiono saat memberikan sambutan.

KLIKBONTANG.com -- Kapolda Kaltim Irjen Pol Muktiono melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kota Bontang .

Dihadapan Wali Kota Bontang, Neni Moerniaeni, Wakil Wali Kota Basri Rase, Forkopimda serta tokoh Masyarakat Bontang, Muktiono mengajak masyarakat untuk memerangi hoax yang selama ini menimbulkan kegaduhan.

Kapolda menyebut minat membaca  masyarakat Indonesia masih terbilang sangat lemah. Dia mengutip dari penelitian Kompas yang menyebut tingkat membaca di Indonesia kurang dari 10 persen.

Hal tersebut kerap kali dimanfaatkan oleh penyebar hoax untuk membuat kegaduhan dengan menyebarkan berita bohong. Terlebih, kebiasaan masyarakat hanya membaca judul berita.  

"Sebelum menyebarkan berita di media sosial cek dan ricek terlebih dahulu, karena kita tahu sumber berita dari mana apalagi kebenaran soal itu,'' ujar  Irjen Pol Muktiono dalam sambutannya yang dilaksanakan di Pendopo Rujab Wali Kota, Jalan Awang Long, Kelurahan Bontang Baru, Bontang Utara, Rabu (12/02/2020) malam.  

Lebih lanjut, dia menjelaskan opini yang sudah terbentuk  akibat berita hoaks akan membawa dampak buruk ke masyarakat. Penyebaran yang massif dan dalam hitungan detik dapat mempengaruhi masyarakat secara luas.   

Dia pun meminta pemerintah setempat dan tokoh masyarakat agar bisa mengedukasi warganya untuk lebih bijak dalam menggunakan media sosial. Dia mengarahkan pabila ada berita tak logis, dan tak masuk akal segera klarifikasi kepada orang  yang berkaitan dengan berita tersebut

"Saya mohon kepada Forkopimda dan para tokoh. Mari kita sikapi media sosial dengan bijak dan ajarkan itu kepada warga agar jangan mudah terpengaruh dengan berita yang tidak jelas," pungkasnya.

Reporter : Syafril D    Editor : Liah Mulyono



Comments

comments


Komentar: 0