23 Februari 2020

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Antisipasi Penyakit Pada Usia Lanjut, Posyandu Lansia Mengadakan Penyuluhan Kesehatan


Antisipasi Penyakit Pada Usia Lanjut, Posyandu Lansia Mengadakan Penyuluhan Kesehatan
Suasana penerimaan materi dalam kegiatan penyuluhan kesehatan oleh Pasyandu Lansia Sehat Bahagia

KLIKBONTANG.com -- Sekitar 46 Lansia mengikuti kegiatan pemeriksaan kesehatan oleh Posyandu Lansia Sehat Bahagia digelar di  Sekretariat Gerakan Sayang Ibu (GSI), Jalan Abdul Rauf,  Kelurahan Belimbing, Kecamatan Bontang Barat, Jumat (14/2/2020).

Dalam kegiatan tersebut Ketua Posyandu Lansia, Wiwit Ati Kartika mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan sebulan sekali pada minggu ketiga.

Wiwit menambahkan, penyuluhan kesehatan ini bukan hanya pada usia lanjut di atas 60 tahun, tapi juga di bawah usia lanjut (pralansia) yakni 18 sampai 49 tahun.

"Agar usia yang belum sampai pada umur lansia, bisa mengantisipasi dirinya, guna menjaga kesehatan untuk masa depannya," tutur Wiwit.

Selain itu, lanjut Wiwit, pihaknya juga mengundang spesialis penyakit dalam untuk memberikan edukasi pada usia lanjut mengenai Sindrom Geriarti. Sindrom Geriarti adalah serangkaian kondisi klinis pada orang berusia lanjut yang dapat berdampak pada penurunan kualitas hidup, kecacatan, bahkan risiko kematian.

Lebih jauh wiwit menjelaskan, selain menjelaskan materi pada peserta, juga dilakukan pemeriksaan kesehatan, yakni gula darah, kolesterol dan asam urat.

Pemeriksaan tersebut dilakukan agar Posyandu Lansia mengetahui masyarakat yang terindikasi penyakit yang telah diambang batas. Deteksi dini ini penting agar yang terindikasi dapat langsung dirujuk ke rumah sakit.  

"Pemeriksaan sebetulnya, untuk mencegah agar penyakit diusia lanjut bisa diatasi," ungkapnya.

Reporter : Rahmat Shadr    Editor : Liah Mulyono



Comments

comments


Komentar: 0