17 Agustus 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

BPD Kaltim Cabang Bontang Perkenalkan Sistem yang Membuat Bayar Pajak Makin Mudah


BPD Kaltim Cabang Bontang Perkenalkan Sistem yang Membuat Bayar Pajak Makin Mudah
Bank Kaltim Cabang Bontang. (int)

KLIKBONTANGMengikuti perkembangan dan kemudahaan yang ditawarkan teknologi jaringan internet yang mudah, BPD Kaltim Cabang Bontang meluncurkan sistem setor penerimaan negara Kota Bontang lewat sistem Modul Penerimaan Negara Generasi 2 (MPN-G2) atau akrab disebut penerimaan setoran pajak online dari BPD Kaltim cabang Bontang. Sistem ini pun dipastikan berfungsi sebagai upaya agar bendaharawan bisa memanfaatkan sistem pelaporan dan pembayaran online (e-billing system).

Pimpinan BPD Kaltim Cabang Bontang Sayid M Hanafiah menuturkan jika MPN G2 akan mempermudah wajib pajak, wajib bayar, dan wajib setor untuk melunasi kewajiban perpajakannya secara elektronik.

"Sebagaimana diatur Peraturan Menteri Keuangan 32 tahun 2014 tentang Penerimaan Negara Secara Elektronik, Sistem Modul Penerimaan Negara Generasi 2 ini lebih mudah, praktis, fleksibel dan efisien," jelas Sayid.

Dengan sistem ini kata dia, semua setoran dapat diaplikasikan dengan lebih praktis, cepat, dan aman melalui internet banking, mobile banking, Anjungan Tunai Mandiri (ATM) ataupun mesin Electronic Data Capture (EDC), maupun setor melalui teller bank.

"Tidak perlu lagi mengantre di loket teller untuk melakukan pembayaran. Sekarang para bendaharawan bisa bertransaksi pembayaran pajak melalui mesin ATM BPD Kaltim yang kami sebar di 13 lokasi di Kota Bontang. Bahkan, tinggal membawa catatan kecil berisi kode billing untuk melakukan transaksi pembayaran pajak di mesin ATM," paparnya.

Lokasi ATM tersebut rinciannya, di Kantor Cabang BPD Kaltim, Kantor Cabang Pembantu Gunung Telihan, pasar malam Berbas Pantai, Swalayan Kawan Kita. Kemudian, ATM Center Halal, ATM center Bontang Plaza, Galeri ATM Badak LNG, RSUD Taman Husada Bontang, Graha Praja Bontang Lestari. Lalu, Wisma PT KIE Kelurahan Loktuan, Kantor Samsat Tanjung Limau, ditambah mobile service Ban Kaltim.

Sementara, Yulia Ramasari perwakilan dari KPP Bontang menjelaskan pembayaran pajak, PNBP dan penerimaan negara lainnya bisa dibayar via ATM, internet banking, mesin EDC bank. Kalaupun melalui teller bank, tak serumit menyetor pajak secara konvensional. Cukup menunjukkan kode billing tanpa perlu membawa SSP (Surat Setoran Pajak).

Yulia mengungkapkan, MPN G2 sebagai upaya memberi kemudahan dan layanan terbaik bagi wajib pajak, wajib setor, perbankan guna meningkatkan penerimaan negara. "Sistem ini fleksibel tak dibatasi jam buka loket, akses ke ATM dan internet banking kapan saja," jelas Yulia.

Ditambahkanya, pendapatan negara dengan sistem MPN-G2 merupakan implementasi pemerintah dalam penerimaan pajak. Dimana target pendapatan pajak semakin tahunya semakin tinggi dan menjadi target ambisius negara. Langkah tersebut menurutnya perlu dukungan dari semua pihak, dan Bank Kaltim sebagai BPD sudah mendukung untuk mensukseskan program tersebut.

Lebih jauh diterangkan, MPN-G2 merupakan penyempurnaan dari MPN G1 sebelumnya. Perbedaannya, jika MPN generasi sebelumnya, wajib pajak, wajib bayar/wajib setor menggunakan form SSP dan disetor, dan pembayaran hanya dapat dilakukan di bank persepsi yang telah ditunjuk.

"Intinya sistem ini memberikan kemudahan bagi para wajib pajak. Hasilnya nanti, target pendapat pajak negara bisa lebih mudah tercapai. Karena sistem yang sudah ada memang benar-benar memberikan kemudahan kepada para wajib pajak untuk menunaikan kewajiban mereka terhadap negara,’’ tutupnya. (*)

Reporter : Akbar    Editor : Dasrun Darwis



Comments

comments


Komentar: 0