07 Desember 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Yuk Intip Teknik Sablon Cukil Kayu ala Hipster Cloth


Yuk Intip Teknik Sablon Cukil Kayu ala Hipster Cloth
Hasil desain kaos dengan teknik cukil kayu. (FOTO: FANNY/KLIKBONTANG)

KLIKBONTANG – Di era modern seperti saat ini, berbagai teknik sablon mulai bermunculan, dari yang tradisional hingga digital. Tentunya, beberapa teknik tertentu dapat memberikan hasil yang mengagumkan.   

Cukil kayu, salah satu teknik sablon paling kuno sebelum ditemukannya mesin cetak. Di Asia Timur, jenis seni ini berkembang di Jepang dan Cina pada abad kelima. Karena Jepang sempat menjajah Indonesia, dan pedangang Cina mulai masuk ke Indonesia, dari situlah seni kuno ini mulai berkembang di Indonesia.

KLIK JUGA : Album Sablon Teknik Cukil ala Hipster Cloth

Ditemui disela kesibukannya, Dean Fauzi Firdaus owner Hipster Cloth mau membocorkan teknik cukil kayu ala Hipster Cloth. Bagaimana caranya yuk kita intip satu persatu :

/images/img_galeri/77desain gambar yg akan di pakai.jpg

Step Pertama :

Kliker kudu siapin desainnya dulu. Pembuatan desain ini bisa gambar manual kalo Kliker pelukis. Buat yang enggak jago gambar manual bisa kok pakai bantuan program desain. Mentok kalo enggak bisa sama sekali Goolgling aja ada.

 

/images/img_galeri/64setelah gambar di desain gambar di cetak untuk selanjutnya sebagai mal di papan.jpgStep Kedua :

Kalau Klikers udah dapet desain yang pas, buat polanya dipapan. Yang jago gambar mah bisa langsung buat polanya dipapan. Tapi kalau yang enggak mahir-mahir amat bisa ambil kertas karbon. Jiplak dah polanya ke papan.

 

 /images/img_galeri/60selanjutnya papan di ukir sesuai gambar.jpgStep Ketiga :

Udah selesai jiplak? Siapkan pahat berbagai ukuran. Cukil deh polanya. Disinilah seninya teknik sablon cukil. Kliker kudu telaten ukir pola sesuai dengan gambar.

 

 



Reporter : Fanny/Icha    Editor : M Andrian



Comments

comments


Komentar: 0