01 Mei 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Larangan Siswa Bawa Kendaraan Sudah Masuk Tata Tertib Sekolah


Larangan Siswa Bawa Kendaraan Sudah Masuk Tata Tertib Sekolah
Ilustrasi siswa SMP mengendarai motor, padahal belum memiliki SIM. Ini bukan contoh yang baik.

KLIKBONTANG- Sejatinya, semua sekolah sepakat untuk melarang para siswanya membawa kendaraan ke sekolah. Hal ini pun sudah menjadi tata tertib sejumlah SMP di Kota Bontang.

Larangan ini bukan tanpa alas an. Selain masih belum cukup umur dan tak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM), para siswa SMP masih dianggap memiliki emosi labil. Sehingga, tujuan guru membuat larangan untuk membawa motor ke sekolah bagi siswa yang belum memiliki SIM, tidak lain untuk menjaga keselamatan murid-muridnya.

Salah satu sekolah SMP di Bontang yang menggunakan aturan ini adalah SMP Negeri 2 Bontang. Menurut Wakil Kepala Sekolah Sarana Prasarana SMP Negeri 2 Bontang, Tri Agus Budi, larangan membawa motor ke sekolah berlaku untuk 635 siswa SMP Negeri 2 Bontang.

Peraturan ini juga telah disosialisasikan secara intensif ke seluruh orangtua murid. Misalnya, sewaktu pertemuan orang tua ketika awal masuk sekolah, atau sewaktu pembagian rapot. Tetapi, Pak Tri—sapaannya mengakui ada beberapa orangtua yang masih sengaja untuk memperbolehkan anaknya yang belum memiliki SIM mengendarai motor ke sekolah.

“Bagi yang ketahuan bawa motor ke sekolah, saya akan cari tempatnya, saya ambil kuncinya dan saya panggil orangtuanya untuk mengambil. Ketika orangtuanya ngambil kami tidak akan bosan memberikan pemahaman akan bahaya anak di bawah membawa kendaraan sendiri,” ujar Pak Tri.



Reporter : Muhammad Rizal    Editor : Dasrun Darwis



Comments

comments


Komentar: 0