28 Februari 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Moms, Gadget Bisa Hambat Perkembangan Bahasa Anak


Moms, Gadget Bisa Hambat Perkembangan Bahasa Anak
Ilustrasi anak bermain gadget (int)

KLIKBONTANG- Pada saat ini, banyak mainan anak-anak telah memiliki teknologi tinggi sehingga tetap dapat membuat mereka asyik sendiri walaupun sedang sendirian. Ditambah lagi jika anak tersebut memiliki orang tua yang sibuk, biasanya akan diberikan gadget untuk membuat anak tersebut tetap tenang dan asyik sendiri untuk waktu yang cukup lama. Tetapi ternyata kebiasaan ini dapat membawa efek buruk bagi perkembangan bahasa anak.

Dilansir dari Parents, penelitian yang dipublikasikan pada jurnal JAMA Pediatrics menemukan bahwa balita yang terbiasa menggunakan mainan berteknologi tinggi dibanding mainan tradisional memiliki kecenderungan memiliki kualitas dan jumlah bahasa yang lebih sedikit. Penelitian tersebut dilakukan dengan melihat pola hidup dan permainan yang dilakukan antara bayi usia 10 hingga 16 bulan dengan orang tua mereka.

Diketahui bahwa ketika bayi terbiasa menggunakan mainan elektronik maka interaksi verbal yang dilakukan antara dia dengan orang tuanya menjadi semakin sedikit. Sedangkan bayi yang menggunakan mainan tradisional seperti balok, mobil mainan, dan lain sebagainya cenderung untuk lebih banyak melakukan percakapan dengan orang tua mereka.

Hasil penelitian ini membuktikan betapa berbahayanya kebiasaan yang banyak dilakukan oleh orang tua pada saat ini. Walaupun memberikan bayi mainan elektronik dan gadget tampak sebagai keputusan yang cerdas untuk membuat mereka tetap sibuk tetapi ternyata hal ini dapat berakibat buruk bagi perkembangan kemampuan berbicara. Di sisi lain, kurangnya interaksi antara anak dan orang tua ini juga dapat menghambat kedekatan yang mungkin muncul pada mereka.

Reporter : Parents    Editor : Nur Aisyah



Comments

comments


Komentar: 0