23 November 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Hore.. Tahun Ini Pabrik Bahan Peledak Siap Dibangun


Hore.. Tahun Ini Pabrik Bahan Peledak Siap Dibangun
Lokasi pabrik bahan peledak PT Black Bear. Rencananya, pabrik sejenis akan berdiri lagi di kompleks pabrik PKT.

KLIKBONTANG- Desakan ekonomi global tidak berpengaruh terhadap iklim investasi di Kota Bontang, Kalimantan Timur. Buktinya, PT Bontang Nitrat Perkasa (BNP) berencana membangun pabrik bahan peledak berkapasitas 120 metrik ribu ton per tahun. Nilai investasi sebesar USD 110 juta bakal ditanamkan di Bontang untuk pembangunan pabrik ini.

Kepala Bidang (Kabid) Promosi dan Kerja Sama Badan Perizinan dan Penamaman Modal (BPPM) Kota Bontang, Puguh Harjanto mengatakan pabrik tersebut bakal didirikan di atas lahan 5 hektare, berlokasi di kawasan industri Pupuk Kalimantan Timur (PKT) atau tepat bersebelahan dengan pabrik serupa, PT Black Bear yang lebih dulu eksis.

“Keuntungan secara langsung dari perusahaan ini, adanya penyerapan tenaga kerja. Kami sudah komitmen dengan perusahaan harus menggunakan 90 persen tenaga kerja dari Bontang,”

Rencananya, pabrik ini bakal memproduksi bahan peledak guna memasok kebutuhan perusahaan tambang lokal. Alasan pemilihan lokasi di Bontang, lanjut Puguh, karena pasokan Amonium Nitrat yang menjadi bahan baku peledak mudah diperoleh dari Pupuk Kaltim.

“Mereka berencana bakal membangun pabrik tersebut tahun ini, saat ini masih beberapa izin yang perlu dipenuhi oleh pihak perusahaan,” kata Rahman saat ditemui Klik Bontang di kantor BPPM, Jalan Awang Long, Kecamatan Bontang Utara, Selasa, 26 Januari 2016.

Ia mengungkapkan pembangunan pabrik ini bakal menyerap ratusan tenaga kerja dari Kota Bontang, pihak perusahaan sudah berkomitmen bakal memberdayakan 90 persen tenaga kerja lokal. Kata dia, salah satu syarat pembangunan proyek harus menggunakan karyawan dari Bontang.



Reporter : Ikhwal Setiawan    Editor : M Andrian



Comments

comments


Komentar: 0