27 Maret 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Serikat Pekerja Siapkan Pembentukan Partai Politik


Serikat Pekerja Siapkan Pembentukan Partai Politik

KLIKBONTANG- Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) menyatakan akan membentuk partai politik yang lahir dari kaum buruh. Hal itu mengemuka dalam Kongres dan Musyawarah Nasional (Munas) V FSPMI yang digelar di Surabaya.

Menurut Presiden FSPMI periode 2016-2021, Said Iqbal, ada tiga tahapan untuk membentuknya, yakni pendidikan mengenai kewarganegaraan atau citizen education, pengorganisasian massa, baru pendirian parpol.

Ketiga tahapan itu, kata Said, dibutuhkan agar serikat buruh memiliki kekuatan politik. Hal itu penting untuk mengawal isu-isu kepentingan buruh dan masyarakat luas. Ia menyebutkan, di negara-negara maju, serikat buruh selalu berkorelasi dengan blok partai politik. Terutama saat membahas perundang-undangan mengenai upah, sistem kerja, hingga jaminan sosial.

Namun ia menyatakan, FSPMI tak akan langsung mendaftarkan diri sebagai partai politik. Said mengklaim, pihaknya mengusung slogan independent but not netral. Artinya, serikat buruh menolak untuk menjadi kepanjangan tangan partai politik sekarang yang dianggap belum berpihak kepada buruh.

“Jadi, ketika ada pemilihan umum, suara buruh akan disatukan untuk memilih partai politik alternatif,” jelas Said.

Kata Said, langkah kongkret pendidikan politik para buruh akan dilakukan setelah penyelenggaraan Kongres Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) pada 2017. Ia pun tak menampik kemungkinan partai buruh itu maju pada pemilihan umum presiden tahun 2019.

“Kalau pendidikan politiknya jalan, bisa segera menggabungkan massa elemen buruh dan masyarakat lainnya. Bergantung kesiapan saat pengorganisasian massa,” tambah dia. (*)

*Pantau terus Berita Lokal Eksklusif, Unik, Segar,dan Perlu di Klik Bontang
Like: https://www.facebook.com/KlikBontang-309819345881572/
Follow https://twitter.com/klik_bontang

Reporter : Sulkifli    Editor : M Andrian



Comments

comments


Komentar: 0