19 Januari 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Korsleting Picu Kebakaran, BPBD Bakal Bentuk Tim Inspeksi Instalasi Listrik


Korsleting Picu Kebakaran, BPBD Bakal Bentuk Tim Inspeksi Instalasi Listrik
Kebakaran yang terjadi di Kelurahan Bontang Kuala

KLIKBONTANG- Korsleting listrik yang memicu terjadinya kebakaran, ternyata menjadi fokus Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bontang. Bagaimana tidak, sebanyak 106 kebakaran yang terjadi diindikasikan akibat intalasi listrik yang buruk.

Menghindari hal tersebut terjadi, Kepala BPBD Bontang, Ahmad Yani bakal membentuk tim gabungan inspeksi, guna memerikasa instalasi listrik di pemukiman warga kurang mampu di Kota Taman.

Tim inspeksi yang akan dibentuk Ahmad Yani, gabungan dari beberapa instansi seperti BPBD, PLN, dan beberapa dinas. Jika ditemukan adanya instalasi yang tidak sesuai standar, maka BPBD dan PLN langsung bergerak memperbaiki instalasi tersebut.

“Wacana itu sudah saya sampaikan waktu mengisi materi pelatihan penanggulangan bencana di internal PLN area Bontang. Harus ada langkah preventif dong, jika ingin potensi kebakaran berkurang. Salah satu caranya, kita harus mengecek langsung,” kata Yani, saat ditemui di ruang kerjanya, Jalan Awang Long, Kamis, 11 Februari 2016.

Terpisah, Bagian SDM PLN area Bontang, Randini Novemadiyan menyambut hangat ide BPBD tersebut. Menurutnya, inspeksi ke rumah warga itu, dapat menjadi solusi untuk memperbaiki intalasi listrik yang kurang baik.

Walaupun, PLN area Bontang sudah memiliki regu khusus yang bertugas mengecek instalasi listrik masyarakat. Namun, mereka hanya fokus pada pencurian listrik saja. Randini juga menjelaskan, sebenarnya standar pemasangan instalasi listrik yang diterapkan PLN sudah aman. Tetapi, wewenang PLN hanya sampai pada meteran listrik saja.

“Selagi tujuannya positif, pasti kita dukung,” pungkasnya. (*)  

Reporter : Muhammad Rizal    Editor : M Andrian



Comments

comments


Komentar: 0