16 Juni 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Basuki Pendiri Akun BBB: Tak Raup Rupiah, Ingin Bermanfaat buat Orang


Basuki Pendiri Akun BBB: Tak Raup Rupiah, Ingin Bermanfaat buat Orang
Basuki Hanafi, pediri akun Bursa Barang Bontang. (FOTO: KLIKBONTANG/FANNY)

DI zaman kejayaan digital ini, informasi apapun memang bisa melesat bak meteor ke seluruh bumi. Saluran jagat maya, membuat peristiwa sekecil apapun di sebuah sudut bumi, bisa dengan cepat diketahui. Apalagi bila informasi itu bergulir secara masif lewat media sosial. Tak heran, jika para pelaku usaha kini melirik media sebagai salah satu senjata untuk mengembangkan usaha.

Bursa Barang Bontang (BBB) salah satunya. Kehadirannya di Kota Bontang bagaikan ‘swalayan’ di dunia virtual. Para pelaku usaha bisa dengan mudah menjajakkan barang dagangannya, hanya dengan mem-posting sebuah foto dan beberapa informasi untuk pembeli.

Tak bisa dipungkiri, kemunculan BBB memang memberikan kemudahan baik bagi pelaku usaha maupun konsumen. Namun, tahukah Klikers siapa sang pemilik akun tersebut? Tak elok rasanya jika tak berkenalan dengan pemilik rumah.

Dialah Basuki Hanafi, pria kelahiran Samarinda yang berhasil menggaet 47 ribu lebih followers dengan akun buatannya. Berawal dari ide untuk mewadahi kerabatnya menjajakkan barang bekas, dari situlah awal kemunculan BBB 2008 silam.

Ide itu mencuat, lantaran dalam diri Hanafi --begitu disapa, sudah terpaku untuk menjadi sosok bermanfaat bagi orang lain. Alumni Yayasan Pupuk Kaltim (YPK) ini yakin, ada banyak cara bisa dilakukan untuk mendukung niatan yang telah dipilihnya itu.

“Di Bontang susah kalau ada yang mutasi kerja, bingung mau jual di mana barangnya. Kalau di pulau Jawa ada yang namanya Barkas (Barang Bekas, Red.), Nah, itu saya coba aplikasikan dalam bentuk media. Jadilah Bursa Barang Bekas, itu nama awalnya,” pungkas Hanafi kepada Klik Bontang.



Reporter : Nur Aisyah Nawir    Editor : Suriadi Said



Comments

comments


Komentar: 0