26 Juni 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Batu Bara Goyah, Dua Pekerja Tambang Ini Mulai Bangun Pondasi Kuliner


Batu Bara Goyah, Dua Pekerja Tambang Ini Mulai Bangun Pondasi Kuliner
Acung (kanan) dan Ashari, owner angkringan Monggo

SUDUT Jalan HM Ardans, Kecamatan Bontang Selatan tampak ramai, roda dua dan empat berkumpul memadati parkiran 15x20 meter. Pengujung duduk santai berbaur dengan asap bakaran sate, yang tipis-tipis melintas lalu hilang ditiup angin. Dua pria terlihat sibuk melayani pengunjung. Usia keduanya masih muda, gerakanya lincah membawa nampan berisi 4 gelas minuman dingin, satunya duduk di pojok membakar sate telur dan jeroan ayam.

Saat itu baru pukul 20.00 Wita, pengunjung mulai ramai berdatangan ke Moggo. Angkringan dengan konsep yang sedikit berbeda pada umumnya, membuat warung sederhana ini ramai dikunjungi warga. Usia muda dan tua berkumpul duduk di meja, ada pula yang memilih melantai dalam ruangan, di menikmati santapan di bawah sinar bola lampu kuning. Monggo, menjadi familiar bagi warga Bontang yang suka duduk berlama, sekadar membahas guyonan, lalu tertawa kemudian larut bersama suasana.

Layar proyektor terpampang rapi menjadi sorotan. Pertandingan sepak bola menjadi tontonan seru bagi para pengunjung. Sorak riuh pengunjung menonton pertandingan, kala itu Arema Malang versus Persib Bandung. Dua pria tadi, makin sibuk seliweran, gesit membawa nampan penuh pesanan pelanggan yang sudah menunggu.

Asrul Saleh atau akrab disapa, Acung dan Ashari merupakan karyawan tambang swasta, tidak jauh dari Bontang. Keduanya sepakat merintis bisnis kuliner dengan mengusung tema angkringan modern baru-baru ini. Keputusan membuka angkringan Monggo, telah dipikirkan matang sejak 2 tahun lalu. Deposit selama kerja di tambang dipecahkan, simpanan dari ‘celengan’ tidak sedikit.

“Kami mulai usaha ini dari modal tabungan yang sudah kami kumpulin selama kerja,” kata Acung, seraya diaminkan dengan anggukan ringan Ashari.



Reporter : Ikhwal Setiawan    Editor : Nur Aisyah



Comments

comments


Komentar: 0