21 Oktober 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Kisah Bontang Tempoe Doeloe ala Bule Amerika; Chris: A Brief History of Me


Kisah Bontang Tempoe Doeloe ala Bule Amerika; Chris: A Brief History of Me
Salah satu yang diunggah Chris pada 2012 dalam sebuah laman web picture personal. (DOKUMENTASI PRIBADI)

KLIKBONTANG - Kota Taman -- sebutan bagi Bontang -- punya kenangan tersendiri bagi Chris, seorang warga Texas di Amerika Serikat (AS). Medio 1983, saat musim panas masih menyemai hangatnya di belahan barat Bumi, Chris untuk kali pertama mendokumentasikan keberadaannya bersama keluarga di sebuah lokasi bertuliskan "Equator, Kalimantan Timur, Bontang Selatan."

Kini, tempat dimana Chris dan kolega berfoto itu, diduga dikenal dengan nama Hotel Equator yang terletak di Jalan Pupuk Raya, Kelurahan Lok Tuan, Kecamatan Bontang Utara.

Ya, sebuah foto bahuela ini menjadi memorable bagi Chris yang mencoba mengingat kembali perjalanan hidupnya ketika berkelana ke ujung Kaltim, Bontang. Foto ini sendiri diunggah pada 2012 dalam sebuah laman web picture personal, berisi sedikitnya 27 foto.

Di caption foto ini pula, Chris memperkenalkan diri bersama ketiga keluarganya; Annie Sam, sang bunda, dan Michael. Di dalam rangkaian yang lain, Chris bercerita lewat foto-foto jadul tentang perjalanan keluarganya dari medio 1963 di Sydney, Australia, hingga 2012 di Bonaire, sebuah pulau nan eksotis di Karibia.

Di Bontang inilah, Chris mengaku sempat tinggal beberapa tahun sebelum akhirnya berkelana kembali ke India bersama keluarganya pada 1989. Namun, tak diketahui siapa dan latar belakang Chris sebenarnya. "This is me, Annie Sam, Mum and Michael standing on the Equator in East Kalimantan. I was in university at the time but lived in Borneo a few months that summer," tulis Chris. (*)

Reporter : S Said    Editor : Imran Ibnu



Comments

comments


Komentar: 0