19 Januari 2020

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Wow! Pemain Baseball Dunia Ini Ternyata Kelahiran Bontang


Wow! Pemain Baseball Dunia Ini Ternyata Kelahiran Bontang
Foto: Istimewa Tom Mastny

KLIKBONTANG - Tak ada yang menyangka, remaja kelahiran Bontang bisa mengukir tinta sejarah dunia. Adalah Tom Mastny, sosok inspiratif itu.

Lewat olahraga baseball, Mastny -- sapaannya -- menjadi orang Indonesia pertama yang mampu menembus ketatnya persaingan di liga profesional baseball Amerika atau Major League Baseball (MLB). Bahkan, lantaran lahir di Kota Taman, Mastny tercatat sebagai satu dari 20 atlet internasional baseball profesional terbaik dari luar Amerika yang punya karir cemerlang di Negeri Paman Sam.

Predikat itu sendiri disematkan kepadanya pada 2006 lalu oleh MLB lantaran menjadi satu-satunya pemain kelahiran Indonesia dalam sejarah olahraga itu. Saking penasarannya, Society for American Baseball bahkan sempat menghubungi keluarga Mastny untuk mengkonfirmasi kebenaran tempat kelahiran sang atlet.

Meski berdarah warga negara asing (WNA), nama Indonesia, khususnya Bontang, tak bisa lepas dari jati diri pria yang lahir pada 4 Februari 1981 ini. Sayang, tidak ada rekam jejak Mastny yang bisa diungkap selama menghabiskan masa kecil di Bontang. Pun, belum banyak sumber yang lebih menerangkan profil keluarga hingga kewarganegaraan Mastny.

Meski begitu, perjalanan Mastny sebagai atlet baseball profesional pertama dari Tanah Air bisa ditengok dari pelbagai kanal informasi olahraga luar negeri. Nama lengkapnya adalah Thomas Raymond Mastny. Di baseball, Mastny bermain sebagai seorang pitcher (pelempar). Meski lahir di Bontang, Mastny justru dibesarkan di Zionsville, Indiana, Amerika. Di sana, Mastny disebut-sebut pernah bermain untuk Zionsville Community High School. Nah, debut MLB yang dilakukan Mastny punya sisi menarik; dia justru bermain dengan orang-orang Indian, suku asli Amerika.

Dalam catatan MLB, itu terjadi 10 tahun lalu pada 25 Juli di Indians Cleveland dan bertahan dari musim 2006 hingga 2008. Mastny kemudian hijrah ke Negeri Sakura, Jepang, untuk bergbung di Yokohama BayStar pada 2009. Belakangan, Mastny kembali lagi ke MLB untuk bermain di Florida Marlins. Di dunia baseball, Mastny dijuluki "Mr Nasty". Prestasinya di salah satu olahraga populer Amerika itu adalah ketika didapuk sebagai Pitcher of the Year di MLB pada 2003 lalu. (jm13)

Reporter :     Editor : Dasrun Darwis



Comments

comments


Komentar: 0