28 Februari 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Mau Lihat Tembok Besar Tiongkok? Kaltim Juga Punya Loh


Mau Lihat Tembok Besar Tiongkok? Kaltim Juga Punya Loh
Kawasan Batu Dinding, terletak di daerah Samboja, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

KLIKBONTANG.COM- Klikers tak perlu jauh-jauh ke Tiongkok untuk menikmati Tembok Besar di negara tirai bambu itu. Cukup ke Samboja, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Ketika singgah di Samboja, ada baiknya mengunjungi Batu Dinding. Objek wisata ini sungguh asri dan bentuknya mirip dengan Tembok Besar Tiongkok. Kawasan wisata ini serupa dengan di Tiongkok. Bebatuannya menyerupai tembok bahkan terbentuk secara alamiah.

Objek wisata ini berupa tebing batu memanjang dengan jalan setapak, yang lebarnya sekitar 1 meter. Panjangnya berliku sekitar 500-an meter dengan jurang di kanan dan kirinya.

Kawasan Batu Dinding, terletak di daerah Samboja, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Lebih tepatnya, posisinya terletak di km 45 pada poros Balikpapan menuju ke Samarinda.

Sepanjang perjalanan menuju Batu Dinding, terlihat aneka pepohonan hutan dan semak belukar. Banyak pula kebun buah naga yang mendominasi tanaman perkebunan di daerah tersebut, selain lada dan jeruk.

Batu Dinding terletak sekitar 10 km dari pintu masuk di tapal 45. Klikers bisa datang menggunakan kendaraan roda empat dan kendaraan Roda dua. Bedanya, untuk kendaraan roda empat, kendaraan harus diparkir sekitar 2 km dari puncak tembok batu.

Agar bisa sampai lebih cepat, gunakan saja kendaraan roda dua. Parkirannya lebih dekat dengan Batu Dinding. Bahkan, belakangan sudah banyak penduduk setempat yang tadinya berprofesi mengolah perkebunan, menjadi Ojek Motor dadakan untuk mengangkut pengunjung dari parkiran mobil.

Batu Dinding Nampak lebih indah dinikmati saat matahari terbit atau tenggelam. Saat ini, Batu Dinding sudah ramai oleh pengunjung yang menanti matahari di kedua momen tersebut.

Namun mulai memasuki kawasan pada pukul 7 pagi, traveler akan lebih leluasa untuk menikmati indahnya panorama dari atas Batu Dinding tanpa terlalu banyak pengunjung yang berdesakan. Perjalanan mencapai puncak memang penuh tantangan. Namun sepadan dengan keindahan Batu Dinding. (*)

Reporter : Nur Aisyah Nawir    Editor : Suriadi Said



Comments

comments


Komentar: 0