21 Juli 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Bolehkah Ibu Hamil dan Menyusui Berpuasa? Ini Penjelasan Dokter Fakhruzzabadi (Bagian-1)


Bolehkah Ibu Hamil dan Menyusui Berpuasa? Ini Penjelasan Dokter Fakhruzzabadi (Bagian-1)
Dokter Fakhruzzabadi

KLIKBONTANG.COM- Di bulan suci Ramadan ini, seringkali muncul pertanyaan dari ibu hamil tentang puasa. Apa boleh berpuasa dalam keadaan hamil, bagaimana caranya agar janin tetap sehat selama berpuasa, ataupun menanyakan bagaimana hukumnya bisa ibu hamil memutuskan tidak berpuasa.

Sebagai muslim yang taat, berpuasa merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan, termasuk di dalamnya ibu hamil dan menyusui. Namun pada keadaan tertentu, ibu hamil maupun menyusui diperbolehkan meninggalkan puasa Ramadan dan wajib menggantinya di hari lain disertai membayar fidiah maupun tidak. 

Sebenarnya hamil maupun menyusui bukanlah halangan melaksanakan puasa. Memutuskan berpuasa atau tidak, tergantung kondisi kesehatan ibu hamil itu sendiri. Selama kondisi kesehatan ibu hamil dan janin dikandungnya dinyatakan sehat oleh dokter, maka ibu hamil diperbolehkan berpuasa, dengan syarat mampu memenuhi kebutuhan nutrisi baik bagi dirinya maupun janin yang dikandungnya.

Pemenuhan nutrisi ini, minimal sama dengan kondisi ketika tidak berpuasa. Akan tetapi pemenuhan nutrisi dipindah waktunya saat sahur dan berbuka puasa, serta antara waktu berbuka dan sahur. Artinya, ibu hamil atau menyusui boleh meninggalkan puasa Ramadan, tetapi bukan berarti dilarang berpuasa. 

Bagi ibu hamil dan menyusui yang tidak berpuasa, terkadang malah banyak yang kekurangan gizi. Mengapa? Karena selain tidak ikut sahur seperti orang yang berpuasa, ibu yang tidak berpuasa inipun biasanya sulit mendapat makanan yang diinginkan. Apalagi biasanya muncul rasa sungkan makan di sekitar keluarga yang berpuasa. Sehingga justru ibu hamil yang berpuasa lebih mendapat kecukupan gizi yang baik dibanding yang tidak berpuasa.



Reporter :     Editor : Suriadi Said



Comments

comments


Komentar: 0