16 November 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Masya Allah, Azan Berkumandang Selama 24 Jam di Seluruh Dunia


Masya Allah, Azan Berkumandang Selama 24 Jam di Seluruh Dunia
Ilustrasi

KLIKBONTANG.COM- Azan, kalimat tauhid yang dilantunkan muazin sebagai seruan mengajak umat muslim melaksanakan ibadah salat, berkumandang di seluruh belahan bumi selama 24 jam.

Azan berkumandang lima kali dalam sehari dengan waktu yang berbeda dari setiap wilayah. Di Indonesia sendiri, setiap kota memiliki waktu salat yang berbeda dari Sabang hingga Merauke. Azan subuh mulai dikumandangkan di sisi timur Sulawesi sekira pukul 4.30 waktu setempat, dan proses ini terus berlangsung, bergerak ke arah barat Indonesia.

Perbedaan waktu antara timur dan barat di Indonesia adalah satu jam. Satu jam setelah azan di Sulawesi, maka azan akan segera bergema di Jakarta, dan disusul Sumatera. Ketika azan belum berakhir di Indonesia, azan sudah berkumandang di Malaysia, yang kemudian disusul Burma dan dalam beberapa jam dari Jakarta, azan bergema di Dacca, ibu kota Bangladesh.

Setelah azan berakhir di Bangladesh, azan dikumandangkan di barat India, dari Kalkuta ke Srinagar, serta dilanjutkan ke Bombay dan seluruh India. Srinagar dan Sialkot (sebuah kota di Pakistan utara) memiliki waktu azan yang sama.

Perbedaan waktu antara Sialkot, Kota, Karachi dan Gowadar (kota di Baluchistan, sebuah provinsi di Pakistan) adalah empat puluh menit, dan dalam waktu ini, (Dawn) azan Fajar telah terdengar di Pakistan. Sebelum berakhir di sana, azan telah dimulai di Afghanistan dan Muscat.



Reporter : Aysah Idris    Editor : Imran Ibnu



Comments

comments


Komentar: 0