10 Desember 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Keseringan Pakai Earphone Sebabkan Tinnitus


Keseringan Pakai Earphone Sebabkan Tinnitus
Ilustrasi

KLIKBONTANG.COM- Mendengarkan musik menggunakan earphone atau headset merupakan sebuah kebiasaan yang sering dilakukan. Mengenakan headset ini cenderung lebih praktis dan juga lebih baik dari segi suara yang dihasilkan.

Tanpa adanya headset ini, suara yang dihasilkan akan sedikit pecah dikarenakan tidak terkoneksi langsung antara telinga dengan speaker tersebut. Penggunaan headset untuk mendengarkan musik secara berlebih dapat menimbulkan kerusakan pada telinga. Lebih parahnya lagi, jika hal ini terus dibiarkan, maka potensi kerusakan otak juga dapat bertambah.

Lantas apa sajakah potensi penyakit yang dapat ditimbulkan dari penggunaan headset atau earphone ini?

Telinga Berdengung
Bahaya pertama dari menggunakan headset telalu lama adalah telinga dapat berdengung. Sebuah penelitian mengungkap, remaja yang didiagnosa mengalami tinnitus, sebuah penyakit yang menyebabkan suara berdenging di dalam telinga terus meningkat.

Kerusakan Telinga Permanen
Selain suara keras dari musik dari headset, frekuensi pemakaian yang terlalu lama juga dapat menimbulkan kerusakan telinga permanen, seperti pecahnya gendang telinga. Ini dapat menurunkan pendengaran, bahkan dapat menyebabkan tuli.

Gangguan Pendengaran Sejak Dini
Pasti banyak deh, yang kebiasaan menikmati musik dengan mendengarkan headset atau earphonehingga volume maksimal. Kalau kita biasa melakukannya dari sekarang, maka potensi kehilangan pendengaran dini semakin cepat terjadi.

Kerusakan Otak
Earphone atau headsetyang digunakan ternyata memancarkan gelombang elektromagnetik tersendiri. Gelombang ini memicu kerusakan otak akibat radiasi headset atau earphone itu sendiri. Sebuah penelitian yang dilakukan Emerging and Newly Identified Health Risks (SCENIHR) menunjukkan, gelombang elektromagnetik yang dipancarkan dari penggunaan headset bisa merusak kerja otak.

Kuman Masuk ke Telinga
Masalah lainnya yang berbahaya adalah kuman. Headset jadi salah satu alat yang sering diletakkan pada udara terbuka tanpa perlindungan. Selain itu, jarang mengalami pembersihan alias dicuci. Makanya, headset jadi salah satu alat yang memiliki kandungan kuman tinggi.(*)

Reporter : Aysah Idris    Editor : Imran Ibnu



Comments

comments


Komentar: 0