26 Juni 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Pasokan Melimpah, Ikan Bawis Banting Harga Rp10 Ribu per Kilogram


Pasokan Melimpah, Ikan Bawis Banting Harga Rp10 Ribu per Kilogram
Salah satu pedagang ikan bawis di pasar tradisional Citra Mas (KLIKBONTANG/ NUGRAH)

KLIKBONTANG.COM- Meski beberapa komoditas pasar mengalami lonjakan harga, hal itu tidak berlaku bagi ikan bawis. Biota laut khas kota gas dan kondensat ini justru mengalami penurunan yang signifikan.

Pantauan awak klikbontang.com di pasar tradisional Citra Mas, untuk satu kilo ikan bawis yang biasa dibandrol seharga Rp30 ribu, saat ini hanya dijual seharga Rp10 ribu. Bahkan ada yang menjual ikan bawis berukuran sedang hanya Rp15 ribu untuk 2 kilogram.

Kiki, salah seorang pedaagang di pasar yang berlokasi di Lok Tuan ini menuturkan, pasokan ikan bawis dari nelayan melimpah. Itulah yang membuatnya dan jejeran lapak di pasar tersebut menjual ikan bawis dengan harga miring.

“Kalau tidak dijual murah, di tinggal pembeli,” ungkapnya.

Selain jumlah pemasok, kata dia, para pedagang enggan menaikkan harga lantaran kondisi proyek pembangunan di Kota Bontang saat ini surut. Sehingga, perekonomian warga Lok Tuan yang bergelut di proyek pun ikut menurun.

“Proyek lagi sepi-sepinya. Sedangkan kita juga harus liat perekonomian warga Lok Tuan kan rata-rata pekerja proyek. Jadi kami menyesuaikan saja,” kata Kiki.

Selain ikan bawis, ikan jenis tongkol dan bandeng juga mengalami penurunan hingga Rp5 ribu dari harga sebelumnya Rp25 ribu per kilogramnya.

Asril yang juga pedagang ikan mengatakan, penurunan harga ikan sudah terjadi sejak sepekan lalu. Sejak harga turun, permintaan ikan tongkol dan bandeng justru meningkat dari konsumen.

Sementara, Anne Rufaidah, salah seorang pembeli di pasar Citra Mas mengaku senang dengan penurunan harga ikan. “Anak-anak di rumah sukanya ikan bawis yang bertelur. Kalau harga normal biasanya sampai Rp60 ribu per kilo,” ungkapnya.(*)

Reporter : Ahmad Nugraha    Editor : Nur Aisyah



Comments

comments


Komentar: 0