23 November 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Mau Kerja di Bontang, Tenaga Kerja Asing Wajib Setor 100 Dolar


Mau Kerja di Bontang, Tenaga Kerja Asing Wajib Setor 100 Dolar
ilustrasi/net

KLIKBONTANG.COM- Setoran retribusi tenaga kerja asing senilai USD 100 per orang per bulan, disepakati masuk kas daerah. Hal ini diatur dalam Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Retribusi Perpanjangan Izin Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing (IMTA) yang telah mengantongi persetujuan menjadi Perda, dari 22 anggota DPRD Bontang di sidang paripurna, Kamis, 25 Agustus 2016 pagi.

Keberadaan Perda ini otomatis menjadi kelengkapan peraturan yang mengatur persyaratan serta penggunaan tenaga kerja asing di Kota Bontang. Mengingat Kota Industri ini memiliki perusahaan besar berskala internasional seperti Badak LNG dan PT Pupuk Kaltim, dan beberapa industri lainnya yang juga menggunakan tenaga kerja asing.

Meski ditetapkan dalam besaran dolar Amerika, namun wajib retribusi diminta menyetor pajak tersebut dalam bentuk rupiah, disesuaikan nilai kurs yang berlaku saat pembayaran.

“Penetapan retribusi perpanjangan IMTA sebagai retribusi daerah memberikan peluang kepada daerah, menambah sumber pendapatan dalam rangka mendanai urusan yang menjad tanggung jawab pemerintah daerah,” ujar Sulhan.

Lebih lanjut, penetapan tarif retribusi perpanjangan IMTA kata dia, ditetapkan berdasarkan tingkat penggunaan jasa dan tidak melebihi tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) perpanjangan IMTA yang berlaku di Kementerian Ketenagakerjaan.

Untuk diketahui, DPRD Bontang telah mengesahkan 4 rancangan peraturan daerah (Raperda) yang digodok Komisi I dalam rapat paripurna masa sidang ke III DPRD Bontang pagi tadi. Yakni, Raperda retribusi perpanjangan izin mempekerjaan tenaga kerja asing, serta Raperda pembentukan dan susunan organisasi perangkat daerah, Raperda retribusi jasa umum, dan Raperda retribusi jasa umum. (*)

Reporter : Nur Aisyah Nawir     Editor : Imran Ibnu



Comments

comments


Komentar: 0