17 Agustus 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Ekspor Impor di Bontang Menurun, Sektor Migas Masih Andalan


Ekspor Impor di Bontang Menurun, Sektor Migas Masih Andalan
Ilustrasi.

KLIKBONTANG.COM- Nilai ekspor dan impor di Kota Bontang pada tahun 2015 mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya. Nilai ekspor turun hingga 37 persen dan impor turun 1,82 persen.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bontang, sepanjang Januari hingga Desember 2015, nilai ekspor di Kota Taman mencapai US$6,0 miliar dengan volume sebesar 26,8 juta metrk ton. Terdiri dari ekspor migas sebesar US$4,52 miliar dan ekspor barang non migas sebesar US$1,48 miliar. Sementara untuk impor Kota Bontang sebesar US$361 juta dengan volume 628,81 juta kilogram.

"Ekspor dari sektor migas masih menjadi komoditas andalan bagi neraca perdagangan luar negeri Kota Bontang. Hal ini bisa dilihat dari kontribusinya yang mencapai 75,24 persen. Sementara untuk sektor non migas memiliki peranan 24,76 persen," tulis BPS Bontang dalam rilisnya.

Kontribusi sektor migas menurun dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 80,02 persen. Sama halnya dengan ekspor, sektor migas juga memberikan kontribusi paling besar terhadap impor di Kota Bontang yakni mencapai 65,20 persen dan non migas 34,80 persen.

Sementara itu, dari hasil kegiatan ekspor impor di tahun 2015, neraca perdagang luar negeri mengalami surplus dengan nilai US$5,6 miliar. Lanjut dia, komoditas yang memberikan kontributor terbesar terhadap nilai ekspor adalah komoditas golongan barang mineral yakni sekira 88,86 persen dari nilai ekspor di Kota Bontang. "Kondisi surplus ini disebabkan lebih tingginya nilai ekspor Kota Bontang dibandingkan impor," papar Basiran Suwandi, Kepala BPS Kota Bontang. (*)

Reporter : S Said    Editor : Imran Ibnu



Comments

comments


Komentar: 0