28 Februari 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Pasca Migas, Bontang Harusnya Bisa Jadi Kota Wisata


Pasca Migas, Bontang Harusnya Bisa Jadi Kota Wisata
Pulau Beras Basah yang selama ini menjadi salah satu tempat wisata di Kota Bontang. (KLIKBONTANG/ FANNY)

KLIKBONTANG.COM. Menjadi kota yang ditopang oleh sektor pariwisata, harusnya Bontang bisa menjadi kota wisata.  Terbukti, dengan terbukanya peluang pariwisata baik dalam bentuk wisata bahari, kuliner, industri, budaya, hingga wisata pendidikan. Potensi ini pun dianggap mampu menjadi solusi dalam menyikapi masa ketika minyak dan gas telah berhenti berproduksi.

“Bisa dibilang, Bontang ini sudah lengkap untuk bisa dijadikan kota berbasis pariwisata. Karena semua ada. Mulai dari wisata bahari, kuliner, industri, budaya, sampai pendidikan,” jelas Jayadi Pulung, Kepala Bidang Pariwisata, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bontang ditemui Klikbontang.com.

Kendati demikian, untuk bisa membangun kota berbasis pariwisata, maka Bontang harus memiliki satu sektor wisata yang dianggap unggul. Dan dia menilai, potensi terbesar ada pada sektor pariwisata bahari.

Ia menjelaskan, potensi wisata bahari tersebut dapat dilihat dari total 450 kilometer per segi luas wilayah kota Bontang, sisi darat hanya seluas 15 ribu kilometer, sedang sisanya adalah lautan. Peluang itu pun akan mampu menghasilkan keuntungan besar, ketika daerah ini ingin menjadikan pengembangan sektor tersebut sebagai prioritas.

“Saat ini, tergantung apakah kita mau serius menggarap itu semua. Karena, salah satu potensi Bontang pasca migas itu adalah pariwisata. Kenapa? karena, migas itu akan habis, sedang pariwisata tidak ada habisnya, asal dijaga dan dikembangkan,” tuturnya.
Ketika pilihan itu ingin dijalankan, maka pemkot harus siap dengan ketersediaan Sumber Daya Manusia (SDM) serta peningkatan sarana dan prasarana yang dibutuhkan. Dengan berkembangnya sektor pariwisata bahari, ia pun optimistis akan berdampak positif terhadap sektor wisata lain, yang dapat menambah kaya menu destinasi wisata lokal.






Comments

comments


Komentar: 0