Senin, 05 Desember 2022 03:36 WIB

Nusantara

Puluhan WNI di Afghanistan Berhasil Dievakuasi

Redaktur: Fera

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi (CNBC Indonesia)

Jakarta, Afiliasi.net - Sebanyak 26 warga negara Indonesia (WNI) yang berada di Afghanistan berhasil dievakuasi.

Keputusan ini diambil lantaran ketidakpastian pemerintahan setelah Taliban berhasil menduduki Istana Kepresidenan.

Hal itu diungkapkan oleh Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi melalui akun resmi Twitternya.

"Alhamdullilah, Pemerintah Indonesia telah berhasil mengevakuasi WNI dari Kabul, Afghanistan dengan pesawat TNI AU. Pesawat saat ini sudah berada di Islamabad untuk melanjutkan penerbangan ke Indonesia," tulis Retno, Jumat, 20 Agustus 2021.

Pesawat TNI AU mengangkut 26 orang dari Islamabad dan tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta sekitar pukul 03.05 WIB. Sebelum penumpang turun, petugas mengenakan alat pelindung diri lengkap masuk ke dalam pesawat.

Tidak hanya WNI, beberapa warga negara tetangga turut dievakuasi. Seperti 5 warga negara Filipina dan 2 warga negara Afghanistan.

"Tim evakuasi membawa 26 WNI termasuk staff KBRI, 5 WN Filipina, dan 2 WN Afghanistan (suami dari WNI dan staff lokal KBRI)," tambah Retno.

Kendati demikian, Retno tak menjelaskan lebih detail apakah masih ada WNI yang berada di Afghanistan. Serta belum menjabarkan lebih lanjut terkait operasional Kedutaan Besar RI di Kabul setelah evakuasi ini.

Artikel ini telah tayang di CNBC Indonesia dengan judul "Top! RI Berhasil Evakuasi 26 WNI dari Afghanistan" https://www.cnbcindonesia.com/news/20210821074354-4-270073/top-ri-berhasil-evakuasi-26-wni-dari-afghanistan


TOPIK BERITA TERKAIT: #menteri-luar-negeri #rento-marsudi #taliban #afghanistan 

Berita Terkait

IKLAN