Senin, 05 Desember 2022 02:54 WIB

Kuliner

Wow !! Daun Kemangi Bisa Tingkatkan Kekebalan Tubuh, Ini Kata Dokter

Redaktur:

Ilustrasi daun kemangi. Sumber foto : Dok. Sehatq.com

Samarinda, Afiliasi.net - Tau daun kemangi ? pasti taukan. Daun yang biasa menjadi pendamping kuliner lalapan itu ternyata punya khasiat lain yang jauh lebih bermanfaat.

Tak tanggung-tanggung, air rebusan kemangi disebut dapat meningkatkan kekebalan tubuh manusia. Kekebalan tubuh yang baik dapat menghindarkan kita dari ancaman penyakit.

Melansir dari thehealthsite, Dokter Ravindra Ingale mengatakan bahwa mengonsumsi daun kemangi di pagi hari dapat meningkatkan kekebalan alami tubuh.

Ingale menjelaskan bahwa daun kemangi berperan sebagai modulasi sistem kekebalan tubuh. Ini adalah senyawa yang membantu menjaga dan merespon imun dalam tubuh. Mereka berperang melawan penyakit berbahaya yang menyebabkan penyakit berbahaya yang disebabkan oleh bakteri dan virus.

Daun kemangi memicu produksi sel-sel kekebalan tubuh yang sehat. Daun kemangi juga diperkaya dengan antioksidan yang melindungi sel-sel tubuh dari serangan radikal bebas sekaligus mencegah kerusakan sel akibat oksidasi yang berlebih.

Selain itu, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Ethnopharmacology mengungkapkan bahwa daun kemangi merangsang produksi sel sitokin-T,sel pembunuh alami dan sel limfosit-T. Ini merupakan jenis sel kekebalan yang melindungi terhadap serangan infeksi. Oleh karena itu, mereka mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat daun kemangi secara efektif, sebaiknya konsumsi daun kemangi sebanyak 3-4 daun di pagi hari saat perut masih kosong. Pastikan untuk mencuci bersih daun kemangi sebelum kamu mengonsumsinya. Dan setelah itu, kamu bisa mengonsumsi dua gelas air. Usahakan untuk tidak mengonsumsi apapun selama 30 menit setelah mengonsumsi daun kemangi tersebut. (tim redaksi)


TOPIK BERITA TERKAIT: #herbal #daun-kemangi #kesehatan 

Berita Terkait

IKLAN