Senin, 05 Desember 2022 02:02 WIB

Advetorial

Pembenahan Infrastruktur Kaltim Jelang Pemindahan IKN Nusantara

Redaktur: Rahmadani

Pj Sekdaprov Kaltim, Riza Indra Riadi. (Istimewa)

Samarinda, Afiliasi.net Pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur (Kaltim) dipastikan akan berdampak positif, khususnya di pembenahan sektor infrastruktur yang sedang disasar pemerintah pusat.

Dari sekian banyak proyek strategis, salah satu fokus pembenahan akan terjadi pada perubahan status jalan provinsi dan kabupaten menjadi jalan nasional.

“Artinya, jalan-jalan yang berstatus provinsi dan kabupaten, semua akan diambil alih negara. Insyaallah, daerah kita akan semakin maju, khususnya dalam pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan menuju kawasan IKN,”

kata Pj Sekda Pemprov Kaltim, Riza Indra Riadi saat membuka Rapat Kerja Teknis Pemberdayaan Masyarakat Hukum Adat Provinsi Kaltim tahun 2022, beberapa hari lalu.
Dengan peningkatan status jalan itu, lanjut Riza, otomatis akan menjadi pintu penting pertumbuhan ekonomi positif yang ada di Kaltim.

“Bukan saja mendorong pertumbuhan ekonomi akan tetapi juga pada perubahan pembangunan bukan di 10 kabupaten kota, juga Indonesia,” tegasnya.

Oleh karena itu, Riza pun optimis ke depan wilayah penyangga IKN Nusantara akan semaju Bekasi, Tanggerang Selatan dan Depok yang juga maju bersama ibu kota negara.

“Oleh karena itu, IKN Nusantara harus kita dukung agar mendorong percepatan pembangunan segera dilaksanakan, karena akan membawa perubahan yang sangat luar biasa,” pintanya.

Selain memberikan dampak signifikan terhadap berbagai sektor pembangunan dan perekonomian, keberadaan IKN Nusantara di Kaltim juga akan meningkatkan APBD yang hanya Rp 10 triliun sampai Rp 12 triliun setiap tahun meningkat pesat dengan pemindahan IKN. (Jr/adv/diskominfokaltim)


TOPIK BERITA TERKAIT: #ikn-nusantara #riza-indra-riadi #pemprov-kaltim 

Berita Terkait

IKLAN