News

Gelar Bimtek Perizinan Ekspor - Impor, Wali Kota Basri Jamin Perizinan Usaha Dimudahkan

Senin, 06 Desember 2021

Gelar Bimtek Perizinan Ekspor - Impor, Wali Kota Basri Jamin Perizinan Usaha Dimudahkan

Analisis Perdagangan dariDirektorat Fasilitasi Ekspor-Impor, Kementerian Perdagangan, Hesti Paramita Kusmanto memberikan penyuluhan kepada peserta dari 9 perusahaan/Klik Kaltim

KLIKBONTANG - Pemkot Bontang menggelar bimbingan teknis implementasi penerbitan dan pemanfaatan dokumen keterangan asal barang Indonesia kepada perusahaan ekspor dan impor di wilayah Bontang dan sekitarnya. 

Bimbingan teknis ini diisi oleh pemateri dari Direktorat Fasilitasi Ekspor dan Impor, Kementerian Perdagangan. Hadir sebagai peserta, 9 perusahaan yang bergerak di bidang ekspor dan impor asal Bontang, serta 4 dari luar daerah. 

Di pertemuan ini, Wali Kota Bontang, Basri Rase mengaku, merupakan inovasi daerah untuk memberikan kemudahan perizinan bagi pelaku usaha ekspor dan impor.

Ia menggaransi seluruh perizinan untuk keperluan ekspor dan impor mendapat kemudahan. Di samping itu, seluruh perusahaan diajak agar mematuhi segala persyaratan yang telah ditentukan sesuai regulasi yang berlaku. 

Klik Juga : Investor Industri Pengolahan Sampah Plastik Mulai Susun Studi Kelayakan

"Saya tidak ingin, ada perizinan yang berbelit-belit. Kalau ada saya temukan, saya pastikan tegur keras," ujar Basri saat menyampaikan pidato di hadapan peserta dan Dinas Perdagangan, UKM, Koperasi, Senin (6/12/2021). 

Ia mengatakan, Bontang harus ramah dengan investasi. Di samping memberikan manfaat bagi keuangan daerah, juga bisa mengurangi angka pengangguran. 

Ke depan, Basri mengaku, bakal mendirikan mal pelayanan publik yang terintegrasi. Seluruh perizinan bisa diakses di satu wilayah, sehingga pelayanan bisa lebih cepat dan tepat. 

Klik Juga : Investasi Jumbo PT KPI: Bangun Pabrik Soda Ash Pertama di Indonesia

Kemudahan izin ekspor, lanjut Basri, juga memberi manfaat pemasaran produk industri. Semakin baik aktivitas produksi geliat ekonomi suatu daerah juga kian bagus. 

Sementara itu, Sekretaris Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan, Jainuddin memastikan seluruh proses perizinan di instansinya akan dipermudah. 

Sejalan dengan perintah Wali Kota, Jainuddin mengaku memastikan pengurusan izin dilakukan secara cepat dan tepat.

 "Tentu kita sudah diperintahkan, aga memberi red carpet. Asalkan dokumen yang disyaratkan sudah lengkap, pasti langsung diberikan," ungkapnya. 

 

Berbagi

Komentar

Copyright © 2020 - infotainment.id