News

Pemkot Dinilai Buat Kebijakan Ambigu Soal Penerapan Prokes di PPKM Level I

Selasa, 30 November 2021

Pemkot Dinilai Buat Kebijakan Ambigu Soal Penerapan Prokes di PPKM Level I

Anggota DPRD Bontang, Nursalam

KLIKBONTANG.COM - Anggota Komisi II DPRD Bontang menilai pemerintah Kota Bontang mengeluarkan kebijakan ambigu soal penerapan Prokes di masa PPKM level I.

"Kebijakannya tanggung, yang lain direlaksasi buka untuk keramaian tetapi tetap pakai masker," ungkapnya, Selasa (30/11/2021).

Seperti yang tertuang pada surat edaran NOMOR: 188.65/1692/BPBD/2021

tentang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat level I. Di mana dalam aturan itu menyebutkan, pelaksanaan kegiatan seni, budaya, dan sosial boleh menimbulkan keramaian dan kerumunan berdasarkan zonasi.

Kata dia, komponen dalam menjaga protokol kesehatan terdiri dari lima, yakni mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Namun, pemerintah memperbolehkan melakukan kegiatan yang menimbulkan kerumunan.

"Di satu sisi masker diperketat, tapi di sisi lain mengizinkan kerumunan," ujarnya.

Ketika pemerintah merelaksasi berupa kebijakan, selayaknya jangan tanggung. Semisal kerumunan diperbolehkan berdasarkan zonasi. Maka penggunaan masker juga boleh atau tidak.

Sebab, dari lima komponen menjaga prokes, salah satunya menggunakan masker. Pun kelima komponen itu tak bisa dipisahkan. Apabila salah satunya direlaksasi, menurut dia selayaknya semua diperbolehkan.

Pasalnya, apabila bersentuhan dengan jarak dekat maka besar kemungkinan penularan bisa terjadi.

"Jadi untuk apa pakai masker, walaupun pakai masker tetap tertular kan sentuhan bodi, saya tidak mengajak orang buka masker, tapi kebijakannya yang gantung," jelasnya.

 

Berbagi

Komentar

Copyright © 2020 - infotainment.id